Arsip Blog

Senin, 06 Agustus 2012

MANFAAT KURMA


MANFAAT KURMA UNTUK KESEHATAN

 Manfaat kurma untuk kesehatan mungkin belum begitu banyak yang mengetahuinya.berikut ini akan dibahas secara tuntas tentang beberapa khasiat kurma untuk kesehatan. Kurma merupakan makanan yang khas dan selalu hadir saat bulan ramadhan. Sebenarnya meskipun tidak bulan ramadhan, kita masih bisa menjumpai buah ini. Namun saat ramadhan tiba, buah ini selalu menjadi pilihan banyak orang sebagai menu berbuka puasa.
Kurma merupakan buah yang berasal dari daerah tropis timur tengah. Buah kurma dapat tumbuh subur pada daerah tersebut. Dan kini kurma banyak di impor ke Indonesia, sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkan dan mengkonsumsi kurma. Di swalayan dan mini market banyak dipajang aneka jenis kurma yang beraneka ragam. Tinggal  memilih kurma yang ingin kita beli.

MANFAAT KURMA
Kandungan gula yang terdapat pada kurma membuat rasa manis dan legit menjadi ciri khas buah ini. Kandungan gula tersebut dapat langsung diserap oleh tubuh sehingga setelah seharian berpuasa, tubuh kita kembali menjadi segar. Selain membuat tubuh kembali segar, berikut ini beberapa manfaat kurma antara lain:
  • Kurma kering banyak mengandung serabut yang dapat mengontrol laju gerak usus sehinga dapat menguatkan sel-sel usus.
  • Kurma basah dapat berfungsi untuk mempercepat pengembalikan posisi rahim seperti sebelum hamil dan dapat mencegah terjadinya pendarahan pada perempuan saat melahirkan.
  • Kurma matang dapat membantu proses pembentukan air susu ibu karena mengandung zat besi dan kalsium. Selain itu juga dapat membantu dalam proses pembentukan darah serta tulang sumsum pada bayi yang masih dalam kandungan.
  • Dapat menenangkan sel-sel saraf melalui pengaruhnya terhadap kelenjar gondok. Sehingga sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak dan orang lanjut usia.
  • Buah kurma yang direbus dapat memperlancar saluran kencing.
  • Buah kurma juga dapat mencegah terjadinya penyakit stroke.
Jadi tidak ada salahnya Anda mengkonsumsi buah kurma sebagai camilan sehari-hari. Selain dapat mengenyangkan perut, juga sangat berkhasiat bagi tubuh Anda. Sedangkan bagi umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, memang dianjurkan berbuka puasa dengan menu makanan manis salah satunya dengan buah kurma. Jadi tunggu apa lagi? Segera dapatkan beberapa manfaat kurma untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar